Hotline 0341-3029785
Konsultasi sekarang
Header
Home » Banyuwangi » Tidak Tutup, Pendakian Ijen Dibuka Pukul 04.00

Kawah Ijen – Hipwee

Status Gunung Ijen naik level menjadi waspada. Jam kunjungan ke kawah juga dibatasi. Aturan baru ini sebagai antisipasi risiko bencana vulkanologi.

Waktu pendakian diatur sesuai surat edaran nomor SE.54/K.2/BIDTEK.1/KSA/1/2023. Dari yang semula dibuka pukul 02.00 menjadi pukul 04.00. Pembatasan waktu kunjungan ke Kawah Ijen berimbas kepada jumlah wisatawan. Setelah aturan diterapkan, pengunjung menurun hingga 50 persen.

Sebab, dengan aturan tersebut otomatis wisatawan tak bisa menyaksikan blue fire. ”Yang dicari pendaki adalah ingin melihat blue fire. Ketika tidak bisa melihat api biru, jumlah pengunjung menurun,” kata Kabid Pemasaran Disbudpar Banyuwangi Ainur Rofiq.

Pendakian Kawah Ijen – Seni Mendidik Anak

Rofiq mengakui, saat ini memang low season sehingga kunjungan wisatawan di Ijen tampak sepi. Faktor pendakian yang dibuka lebih siang juga menjadi penyebab menurunnya pengunjung. Meski begitu, wisatawan masih bisa menyaksikan landscape Ijen yang eksotis meskipun tidak bisa melihat blue fire. ”Landscape-nya juga masih bagus, pengunjung bisa menikmati keindahan Ijen. Yang penting tidak mendekat ke area kawah,” terangnya.

Baca Juga : Alas Purwo Banyuwangi : Sejaran dan Mitos yang Ada

Rofiq meminta kepada guide dan agen travel wisata untuk menjelaskan kepada wisatawan terkait kondisi Ijen. Aturan yang dikeluarkan BKSDA harus tetap diikuti demi keselamatan wisatawan.

Penyedia jasa wisata bisa mengarahkan wisatawan untuk mendatangi tempat-tempat lain di Banyuwangi yang tak kalah bagus. Seperti Alas Purwo, Bangsring Underwater, Taman Nasional Baluran, dan beberapa destinasi wisata lainya.

”Aturan ke Ijen baru diterapkan dua hari lalu. Yang jelas aturan tersebut berpengaruh terhadap wisatawan. Kita harus menunggu sampai kondisi Ijen kembali normal,” pungkas Rofiq.

Peningkatan Aktivitas Vulkanik Ijen – Viva

Diinformasikan sebelumnya, status Gunung Ijen naik dari status level I normal, menjadi level II waspada. Kenaikan status itu diumumkan melalui rilis resmi Badan Geologi pada Kementerian energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, tertanggal 7 Januari 2023.

Kenaikan status Gunung Ijen menjadi waspada terhitung sejak 7 Januari 2023 pukul 14.00 Wib dengan rekomendasi yang disesuiakan potensi ancaman bahaya terkini,” ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen Suparjan.

Jarak 1,5 Kilometer dari Ijen Steril Aktivitas

Jalur Pendakian Kawah Ijen – Dini Novita Lokasari

Berdasarkan pengamatan visual dan instrumental periode 1 Desember 2022 hingga 7 Januari 2023, cuaca di Gunung Ijen cerah hingga hujan, angin bertiup lemah hingga kencang ke arah Timur, Selatan, dan Barat.

Sedangkan suhu udara tercatat antara 18-33 drajat celcius. Asap solfatara berwarna putih bertekanan lemah dengan intensitas tipis. Untuk tinggi asap antara 50-400meter dari puncak.

Badan Geologi juga mencatat, suhu air danau Kawah Ijen pada bulan Desember 2022 terukur 16 derajat celcius. Pada Tanggal 5 Januari 2023, pemeriksaan kawah menunjukan suhu air danau kawah meningkat menjadi 45,6 derajad celcius.

Dengan Naiknya Status Gunung Ijen, Badan Geologi merekomendasikan jarak 1,5 Kilometer dari danau kawah tidak boleh ada aktivitas manusia. Karena sangat berbahaya.


Sumber : Radar Banyuwangi | Syaifuddin Mahmud & Liputan6 | Hermawan Arifianto

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

10 Destinasi Menarik di Kota Wisata Batu

13 March 2023 99x Malang, Tips, Wisata Malang

Kota Wisata Batu adalah sebuah kota di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak di ketinggian 800-1200 meter di atas permukaan laut, sehingga memiliki udara yang sejuk dan segar sepanjang tahun. selengkapnya

Dampak Kebakaran Savana Bromo

28 September 2023 180x Bromo, Intermezzo, Malang, Objek Wisata, Tips, Wisata Alam

Plankton Tour – Kebakaran savana di kawasan Bromo, Indonesia, adalah salah satu peristiwa alam yang dapat berdampak serius terhadap lingkungan dan ekosistem di sekitarnya. Kawasan savana Bromo yang terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk pemandangan savana yang luas dan keberadaan Gunung Bromo yang ikonik, kini menghadapi tantangan serius akibat ke... selengkapnya

Ini 5 Jenis Apel Khas Malang

31 July 2023 473x Kuliner, Malang, Wisata Malang

Bicara Malang, yang terkenal adalah oleh-oleh khas yang terbuat dari apel. Sebenarnya, petani buah di sekitar Malang menanam sekitar 5 jenis buah apel yang berbeda-beda. selengkapnya

Plankton Tour

Office

 Kompleks Ruko Wow Blok New York 2 Kav 19, Sawojajar, Malang

  Senin – Sabtu  09:00 – 16:00

0341-3029785

    Email Plankton

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.