Hotline 0341-3029785
Konsultasi sekarang
Header
Home » Intermezzo » Tips Liburan saat Puasa agar Tetap Menyenangkan

Tips Liburan Puasa – Kamu sudah sering nonton iklan sirup di televisi? Kalau ya, nah itu tandanya kalau Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Bulan penuh rahmat bagi umat Islam ini memang selalu dinanti-nantikan. Ngomong-ngomong soal bulan puasa ini, mungkin kamu bertanya-tanya tentang aktivitas liburan.

Pertanyaannya, bisakah tetap menikmati masa liburan selama sebulan penuh dalam kalender Hijriah tersebut? Ternyata sangat bisa dong, ya. Jadi itu tidak bisa menjadi penghalang untuk merancang agenda wisata kamu. Jangan sampai kalah karena lemas dan kekurangan energi selama jalan-jalan.

Tips Liburan saat Bulan Puasa

1. Pilih Destinasi Wisata Ideal saat Puasa

Destinasi Sejuk untuk Liburan saat Puasa

Destinasi Sejuk untuk Liburan saat Puasa

Untuk liburan selama bulan puasa, pastikan kamu memilih destinasi yang sesuai dengan kondisi selama rentang waktu tertentu. Misalnya, kamu mempertimbangkan untuk pergi ke kiblat wisata religi, di antaranya Aceh atau NTB yang terkenal dengan pariwisata halal.

Faktor lain yang juga harus kamu pertimbangkan adalah cuaca. Untuk menghindari daerah panas karena dapat menambah beban selama puasa, kamu bisa jalan-jalan di daerah dataran tinggi, seperti Lembang, Bandung atau Batu, Malang.

Bepergian ke negara empat musim juga ide yang bagus, karena bulan Mei masih merupakan waktu musim semi yang relatif sejuk.

2. Perhatikan Waktu Sahur dan Berbuka Puasa

Takjil untuk buka puasa

Takjil untuk buka puasa

Jika bepergian ke destinasi wisata baru, kamu harus benar-benar tahu jadwal imsak sahur dan waktu berbuka puasa. Disarankan untuk cari tahu sebelum menuju ke tempat berlibur karena tidak semua daerah memiliki waktu sahur dan buka puasa yang sama, ya.

Selain tanya ke Google, sekarang juga sudah banyak aplikasi HP yang bisa di-download untuk tahu jadwal penting selama berpuasa, termasuk jadwal sholat lima waktu.

3. Lakukan Aktivitas Wisata Berfaedah di Bulan Puasa

Berkunjung ke Masjid

Berkunjung ke Masjid

Wisata religi adalah konsep paling sesuai dengan tema selama bulan Ramadan. Pastikan untuk melakukan kegiatan positif dan bernilai ibadah saat jalan-jalan. Jadi, kamu tidak sekadar refreshing saja, tapi juga bisa berdampak baik.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Wonosobo selain Dieng

Kamu bisa berwisata sekaligus melakukan perjalanan spiritual selama liburan. Safari tarawih di masjid-masjid bernilai sejarah dan berseni arsitektur estetik juga merupakan aktivitas yang tak boleh kamu lewatkan.

4. Pastikan Destinasi Wisata Punya Fasilitas Ibadah

Tempat Ibadah

Tempat Ibadah

Liburan tidak boleh menghalangi kamu untuk menjalankan perintah agama, ya. Jadi sebaiknya kamu memastikan tujuan wisata memiliki fasilitas memadai untuk beribadah.

Pilihlah destinasi wisata yang dekat dengan masjid sehingga tidak perlu kesulitan saat memasuki waktu sholat.

Atau setidaknya tempat wisata yang akan dikunjungi memiliki ruangan yang bersih dari najis untuk sholat serta akses air bersih untuk berwudhu. Nah, tidak ada alasan untuk meninggalkan ibadah, kan?

5. Dengarkan Ayat Alquran Selama Perjalanan

Bulan Ramadan sangat ditunggu-tunggu karena merupakan bulan saat nilai ibadah dilipatgandakan dalam Islam. Termasuk mendengarkan lantunan ayat Alquran, pendengarnya akan diganjar pahala yang besar.

Karena itu, edit playlist dengan tadarus atau ceramah merupakan pilihan tepat. Selain mendapat pahala, kamu juga bisa merasakan kedamaian karena mendengar ayat suci Alquran.

6. Konsumsi Asupan Makanan Berimbang

Makanan Gizi Seimbang

Makanan Gizi Seimbang

Salah satu hal penting saat liburan selama bulan puasa adalah memperhatikan asupan makanan. Sebab, kamu membutuhkan asupan yang bergizi agar bisa beraktivitas secara prima. Untuk berjalan-jalan, kamu setidaknya memerlukan energi yang cukup banyak.

Baca Juga : Wajib Coba, 5 Kuliner Legendaris Surabaya

Jadi pastikan untuk mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan kalori dan gizi saat makan sahur, berbuka, dan makan malam. Asupan tersebut akan menjaga kamu agar bisa tetap bugar selama jalan-jalan meskipun sedang berpuasa.

7. Perbanyak minum air putih

Minum Air Putih

Minum Air Putih

Tak hanya makanan, kamu juga perlu memperhatikan minuman agar tidak mudah dehidrasi selama berpuasa. Kekurangan cairan kerap menjadi masalah utama saat liburan puasa.

Nah, karenanya kamu harus memperbanyak minum air putih kalau makan sahur dan pada malam hari. Jangan sampai menyesal karena haus dan lemas pada waktu berpuasanya karena malas minum air putih, ya.

8. Kurangi bepergian saat siang hari saat puasa

Bromo Pagi Hari

Bromo Pagi Hari

Terik matahari mungkin akan membuat kamu jadi cepat haus atau lelah. Apalagi, kalau destinasi wisata yang dituju memang kebanyakan berada di luar ruangan. Untuk menyiasatinya, kamu meminimalisir untuk pergi di siang hari.

Baca Juga : Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024

Berangkatlah ke tempat wisata sepagi mungkin, supaya kamu bisa beristirahat saat matahari sudah tepat berada di ubun-ubun. Kalau kamu ingin jalan-jalan di siang hari, kamu bisa sewa mobil di Plankton Tour.

9. Destinasi Wisata di Malam Hari

Milenial Glow Garden - Nency Komalasari

Milenial Glow Garden – Nency Komalasari

Selanjutnya, kamu tidak hanya bisa berwisata pada siang hari. Karena sehabis matahari terbenam, pesona wisata tidak ikut tenggelam. Setelah buka puasa hingga sholat tarawih, kamu bisa menelusuri wisata kuliner khas daerah wisata yang dikunjungi.

Biasanya pada bulan Ramadhan, terdapat pasar kaget yang menyediakan berbagai hidangan. Kamu bisa menikmati sajian lokal tersebut sembari merasakan kenyamanan malam hari saat berlibur.

10. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup saat puasa

Istirahat yang cukup saat puasa

Selama berlibur, pastikan untuk memiliki istirahat yang cukup dan berkualitas. Tidur secara teratur akan membantu tubuh agar bisa mengisi ulang kembali energi.

Sehingga, kamu bisa kembali segar dan bugar untuk melanjutkan perjalanan wisata pada saat menjalankan ibadah puasa.

11. Kurangi beban barang bawaan

Barang bawaan berlebih

Barang bawaan berlebih

Kamu tidak perlu membawa banyak barang bawaan yang berat selama traveling, ya. Bawa barang seperlunya, sehingga tenaga tidak cepat habis karena melakukan hal sia-sia.

Yang harus diingat adalah kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan, alat mandi, dan aksesoris ibadah. Jangan lupa untuk membawa mukena bagi perempuan dan peci bagi laki-laki agar bisa menjaga ritme ibadah.


Paket Wisata Custom selama Ramadhan & Lebaran

Chat admin via WhatsApp

WhatsApp


Sumber : Tripcera

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

5 Misteri Alas Lali Jiwo di Gunung Arjuno

20 March 2023 138x Intermezzo, Malang, Wisata Malang

Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. selengkapnya

Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024

20 December 2023 81x Intermezzo, Tips

Pemerintah secara resmi sudah memutuskan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2024. Menurut keputusan tersebut, tahun depan ada sebanyak total 27 hari libur nasional dan cuti bersama, dengan rincian 17 hari libur nasional dan 10 hari cuti bersama. selengkapnya

Nasi Tempong, Kuliner Khas Banyuwangi

22 February 2023 166x Kuliner, Tips

Salah satu kuliner popular Banyuwangi adalah Nasi Tempong atau warga lokal menyebutnya Sego Tempong. selengkapnya

Plankton Tour

Office

 Kompleks Ruko Wow Blok New York 2 Kav 19, Sawojajar, Malang

  Senin – Sabtu  09:00 – 16:00

0341-3029785

    Email Plankton

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.