Hotline 0341-3029785
Konsultasi sekarang
Header
Home » Tips » Pulau Menjangan – Surga Healing di Bali Barat

Travelspromo

Habitat Rusa Menjangan yang Dilindungi

Pantai Menjangan adalah suatu destinasi wisata yang terletak di Buleleng Bali Bagian Barat. Pantai Menjangan atau yang lebih akrab dikenal dengan Pulau Menjangan, memiliki flora dan fauna yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sesuai dengan namanya fauna yang ada di tempat ini adalah Menjangan.

Menjangan sendiri, merupakan hewan sejenis dengan rusa liar. Selain Menjangan, fauna di tempat ini juga berada di bawah laut seperti plankton, dan ikan dengan warna beragam, yang mana keindahan bawah laut ini menjadi daya tarik utama destinasi wisata Pulau Menjangan. Selain itu, wisatawan juga tertarik pada flora di Pulau ini.

Flora yang membuat wisatawan tertarik untuk berlibur di tempat ini sangat beragam. Seperti trumbu karang yang hidup subur di bawah air laut Pulau ini. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik. Diantaranya adalah snorkeling, berkeliling pulau Menjangan, menjelajahi pura, dan banyak lagi.

Daya Tarik Pulau Menjangan

Expedia.co.id

1. Panorama yang Indah

Keindahan alam Pulau Menjangan ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Saat pertama kali Anda memasuki wilayah ini, Anda pun akan di sambut oleh pantai pasir yang berwarna putih. selain itu, Anda juga akan melihat hamparan air laut yang berwarna biru dengan gradasi warna kehijauan. Warna hijau tersebut berasal dari plankton yang tumbuh subur.

Bukan hanya itu saja, pemandangan bawah laut tempat ini juga terlihat sangat indah. Sebab trumbu karang tumbuh subur dan sangat alami sampai-sampai trumbu karang ini menjadi rumah bagi ikan berwarna-warni.

2. Flora dan Fauna

Pantai Menjangan ini juga terkenal dan menarik perhatian wisatawan lewat keunikan flora dan fauna. Untuk floranya sendiri seperti yang sudah dijelaskan, yakni berupa trumbu karang yang tumbuh subur dan masih terjaga kealamiannya serta pepohonan hijau sekitar pantai yang menyejukkan.

Selain itu, adapun fauna menjangan yang hidup di tempat ini. Andapun bisa menikmati suasana pantai di temani dengan menjangan atau yang lebih populer dikenal dengan rusa liar. Sebab itu momen ini sangat berkesan, dan sangat cocok untuk diabadikan.

Lokasi Pulau Menjangan

nyegaragunung.net

Pulau Menjangan Buleleng terletak di salah satu bagian Taman Nasional Bali bagian Barat yang ada di sebelah timur laut taman nasional tersebut. Untuk jaraknya sendiri, tempat ini cukup jauh dari Kuta. Sehingga jarak yang ditempuh dari Kuta ke destinasi wisata ini berkisar 3 jam. Meskipun demikian tempat ini selalu ramai pengunjung.

Baca Juga : Menikmati Kopi di Ketinggian 1.277 Mdpl – Kebon Kupi Sembalun

Jarak yang cukup jauh tentu akan melelahkan, apalagi jika Anda membawa kendaraan sendiri. Oleh sebab itu lebih baik jika menggunakan transportasi umum.

Tempat ini juga terpisah dari daratan Pulau Bali, sebab ia merupakan Pulau Kecil. Sehingga Anda harus menggunakan perahu untuk bisa sampai ke wisata ini. Anda pun akan menempuh rute mulai dari Labuan Lalang dan pemuteran baru Anda bisa menyeberang menggunakan sarana transportasi perahu menuju wisata tersebut.

Aktivitas Menarik di Pulau Menjangan

Berkeluarga.id

1. Menjelajahi Beberapa Pura di Pulau Menjangan

Pantai Menjangan memiliki beberapa pura yang sangat cocok untuk dikunjungi. Apalagi dijadikan spot foto. Salah satunya adalah Pura Segara Gill Dharma Kencana yang merupakan ikon dari Pulau ini. Pura tersebut juga memiliki patung Ganesha yang terbuat dari batu putih yang diukir.

Selain itu, adapun Pura Taman Pingit Klenting Sari, yang terletak tidak jauh dari Pulau ini. Adapun pura Agung Brahma Ireng, Pagoda Agung Dewi Kwan Im, Pendopo Ida Bhatara, Lingsir Dalem Gajah. Jumlahnya yang bervariasi membuat pengunjung tak bosan melihat beberapa Pura tersebut.

2. Diving atau Snorkeling

Teruntuk para pecinta snorkling atau diving, tempat ini sangat cocok sekali. Sebab perairan di tempat ini sangat terawat. Sehingga pemandangan bawah lautnya pun sangat mempesona. Selain itu tempat ini juga memiliki spot diving yang beragam.

Terdapat tujuh spot diving yang ada di tempat ini. Spot diving tersebut merupakan spot menyelam kelas dunia. Visibilitas yang diberikan pun cukup baik, yakni antara 15 sampai 50 meter.

Spot menyelam tersebut diantaranya adalah Anker Weck yang merupakan kapal dengan usia 150 tahun. kedalaman yang dicapai pun mencapai 40 meter.Selain Anker Weck, ada pula Kebun Belut dangkal dan Pos 1 dan 2. Dimana setiap pos tersebut adalah tempat tinggal atau habitat spesies laut yang warna-warni.

3. Berkeliling Pulau

Tempat wisata ini memiliki area yang cukup luas. Selain itu ada pula pemandu wisata yang siap menemani Anda berkeliling di tempat ini. Pemandu wisata tersebut akan menjelaskan serta memberi informasi mengenai Pulau atau Pantai Menjangan ini. Waktu ideal untuk berkeliling adalah satu jam atau 15 menit.

Anda pun bisa bertemu dengan rusa liar atau menjangan yang hidup di tempat ini. Dimana rusa-rusa tersebut merupakan spesies langka yang jarang bisa ditemukan. Selain itu Anda juga bisa melihat pemandangan laut dengan menggunakan kapal selam Odyssey tanpa harus menyelam sendiri. Sehingga cocok sekali untuk anak-anak berlibur.

Sumber : ayobali.net | By : Rafika Ilham

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Jam Buka Pendakian Kawah Ijen Kembali Normal

18 August 2023 139x Banyuwangi, Objek Wisata

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, kembali membuka jam operasional pendakian lebih awal. selengkapnya

7 Tips Anti Mager Setelah Libur Lebaran

29 April 2023 122x Intermezzo, Tips

Libur lebaran sudah usai, beberapa orang mungkin bisa tetap produktif setelah lebaran. Namun, tidak sedikit lho yang terancam mager setelah liburan usai. Hal ini sebenarnya lumrah karena libur lebaran cukup lama. Rutinitas harianmu selama ini bisa terganggu hanya karena di-skip dalam beberapa hari. Nah, meskipun tidak mudah, kamu tetap bisa kembali ke produk... selengkapnya

Ini 5 Jenis Apel Khas Malang

31 July 2023 474x Kuliner, Malang, Wisata Malang

Bicara Malang, yang terkenal adalah oleh-oleh khas yang terbuat dari apel. Sebenarnya, petani buah di sekitar Malang menanam sekitar 5 jenis buah apel yang berbeda-beda. selengkapnya

Plankton Tour

Office

 Kompleks Ruko Wow Blok New York 2 Kav 19, Sawojajar, Malang

  Senin – Sabtu  09:00 – 16:00

0341-3029785

    Email Plankton

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.