Hotline 0341-3029785
Konsultasi sekarang
Header
Home » Kuliner » Nasi Tempong, Kuliner Khas Banyuwangi

Cookpad.com

Salah satu kuliner popular Banyuwangi adalah Nasi Tempong atau warga lokal menyebutnya Sego Tempong.

Sego Tempong Alias Nasi Tempong Khas Banyuwangi

Mencari sego tempong tidak sulit, karena hampir semua wilayah di Banyuwangi terdapat warung yang menyediakan menu ini. Memang umumnya nasi tempong dijual di warung-warung dan depot kecil, tidak aneh karena  makanan ini memang sangat merakyat. Sebagian penjual nasi tempong mulai buka sore hari sampai menjelang tengah malam. Namun ada juga yang buka mulai pagi hari sampai malam.

Konon di zaman dahulu nasi tempong adalah makanan yang biasa disantap para petani di sawah. Nasi dengan lauk sederhana itu sebagai pengisi perut para petani yang sudah bekerja keras di sawah atau ladang. Namun, entah bagaimana awal mulanya, makanan yang dulu biasa dikosnumsi petani di tengah sawah, kini justru “naik kasta”. Lantaran, nasi tempong dikonsumsi masyarakat umum dari berbagai kalangan, dan dijual di warung-warung yang bertebaran di berbagai sudut kota.

Apa itu Nasi Tempong

Menu nasi tempong terdiri dari sepiring nasi panas, sayuran rebus plus gorengan tahu, tempe, ikan asin dan dadar jagung, yang dilengkapi sambal mentah yang super pedas.  Ada banyak jenis sayur yang digunakan: genjer, kubis, kacang panjang, terung, bayam, kangkung, sawi, selada, daun singkong, daun pepaya, ditambah daun kemangi segar dan irisan timun.  Sedangkan pilihan lauknya bisa berupa: ayam, empal,ikan laut, telur, aneka sea food, jeroan, pepes, botok tawon, lele, jeroan dll.

Baca Juga : 5 Hal Tentang Pulau Tabuhan – Surga Tak Berpenghuni di Banyuwangi

Keistimewaan nasi tempong justru terletak pada sajian sambalnya yang khas, karena diracik secara khusus. Yaitu menggunakan bahan yang serba mentah : Cabai rawit, tomat ranti (Solanum lycopersicum) yaitu jenis tomat yang permukaannya bergelombang, gula pasir, terasi, garam dan tidak lupa air jeruk limau ( orang-orang disini menyebutnya jeruk sambel) yang  menggugah selera.

Ranti – MGB Garden

Orang Banyuwangi menyebut ranti ini sebagai bagian dari tomat sayur, sedangkan tomat pada umumnya yang kulitnya halus sebagai tomat buah. Bedanya dengan tomat pada umumnya, ranti ini tidak “lengur” (bhs. Jawa) kalau dibikin sambal tanpa dimasak. Bijinya ranti ini juga lebih banyak, dibanding tomat jenis lain. Namun apabila akan digunakan sambal, biasanya bijinya dibersihkan, hanya kulit dan dagingnya yang dipakai.

Saking pedasnya, orang yang habis menyatap nasi sambal ini seperti di-Tempong (ditampar atau ditempeleng).

Tentu saja ini arti kiasan yang menggambarkan sensasi rasa pedas yang ditimbulkan dari sambalnya, seperti serasa di tempeleng atau ditampar wajahnya, panas. Dari sinilah muncul istilah “Nasi Tempong” yang membuat penyuka makanan pedas menjadi ketagihan.

Tribun Travel


Rekomendasi Warung Nasi Tempong

Nasi Tempong Mbok Wah via Kompas.com

Warung penjual nasi tempong yang terkenal  di antaranya :

  • Warung Nasi Tempong Sukowidi milik mbak Sumiyati yang akrab dipanggil mbak Sum, lokasinya tidak jauh dari lampu merah Sukowidi. Ciri khasnya terletak pada nasinya yang di masak dengan kukusan, dan sambelnya menggunakan terasi berbahan dasar teri nasi.
  • Warung Mbak Sum yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ( selatan Bank BRI ) Banyuwangi, konon kabarnya  dari sinilah ide kuliner sego tempong bermula.
  • Warung Buk Nah di daerah Kertosari setiap hari pengunjungnya juga padat serta ada yang berasal dari luar kota bisa terlihat dari plat mobil yang parkir bernomer luar kota.
  • Nasi tempong Mbak Nah di jalan Kolonel Sugiono 16 Banyuwangi, yang buka mulai pk 14.00 sampai tengah malam.
  • Warung nasi tempong milik Holisa yang ada di Jl. Thamrin yang menempati sebagian teras rumah  sebagai tempat berjualan.
  • Nasi tempong Mak Wah, dekat stasiun Karangasem.
  • Di daerah Bakungan, Glagah, ada warung Mbok Wah.
  • Di Genteng ada nasi tempong bu Sulik yang terletak di dekat  pertigaan lampu merah Genteng Wetan yang buka pagi sampai sore.
  • Nasi tempong Bu Ham Padang di Singojuruh.
  • Di Benculuk ada nasi tempong Mbak Har yang mulai berjualan mulai sore hari di jalan raya Benculuk.
  • Di jalan Gatot Subroto Ketapang ada warung nasi tempong mbok Titin.

Itulah sebagian kecil dari warung yang menyediakan menu Nasi Tempong alias Sego Tempong. Pada dasarnya di setiap wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan mudah kita bisa menjumpai warung atau rumah makan yang menyediakan menu Nasi Tempong.

Sumber : Banyuwangi Bagus

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Tips Menempuh Perjalanan Arus Balik

28 April 2023 135x Intermezzo, Tips

Ada beberapa tips menempuh perjalanan arus balik Lebaran agar perjalanan Anda lancar dan selamat sampai tujuan. Tak hanya saat mudik yang harus mempersiapkan segala sesuatunya, perjalanan arus balik juga perlu dipersiapkan dengan matang agar lancar tanpa kendala yang berarti.  Beberapa hal bisa Anda persiapkan seb... selengkapnya

Cara Membuat Visa untuk Bepergian ke Luar Negeri

23 April 2024 53x Intermezzo, Tips

Cara membuat visa – Jika kamu hendak berlibur ke luar negeri atau melakukan business trip, visa adalah salah satu dokumen yang wajib dipersiapkan. Sudah tahu cara membuat visa? Setiap negara memiliki ketentuannya masing-masing tentang cara membuat visa untuk berkunjung ke negara tersebut. selengkapnya

Banyuwangi Park – Jatim Park 4 Resmi Dibuka

28 March 2023 572x Banyuwangi, Objek Wisata, Tips

Banyuwangi Park – Sekian lama dinanti-nantikan, penantian panjang masyarakat Banyuwangi atas kehadiran wahana rekreasi terbesar di bumi Blambangan akhirnya terjawab. Hari Minggu, 19 Maret 2023 Banyuwangi Park resmi dibuka untuk umum. selengkapnya

Plankton Tour

Office

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.