Hotline 0341-3029785
Konsultasi sekarang
Header
Home » Malang » Bromo » Larangan di Bromo yang Wajib Dipatuhi Wisatawan

Yadnya Kasada – MerahPutih.com

Mengunjungi tempat dan lingkungan baru tentunya juga harus mematuhi segala aturan dan larangan yang berlaku. Begitu juga ketika mengunjungi tempat-tempat wisata, apalagi pegunungan.

Seringkali ada berita beberapa pendaki tersesat, karena memiliki niat yang buruk, atau bersikap dan berucap tidak sepantasnya. Oleh karena itu, pihak pengelola akhirnya membuat larangan-larangan yang wajib untuk dipatuhi para wisatawan.

Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata yang selalu ramai wisatawan sepanjang waktu. Tak hanya itu bagi masyarakat suku Tengger, Gunung Bromo merupakan gunung sakra karena berkaitan dengan nenek moyang mereka.

1. Dilarang mengambil barang apapun dari Gunung Bromo 

Edelweiss – Popbela.com

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah dilarang mengambil barang apapun dari gunung ini. Meskipun ada batu yang indah, entah batu bata atau batu alam terjatuh dari area pegunungan, kamu tidak diperbolehkan untuk memungutnya.

Baca Juga : Fakta Menarik Bunga Edelweiss di Bromo

Selain itu, kamu juga tidak diperkenankan untuk memetik tanaman. Sepanjang area pegunungan, kamu akan melihat berbagai jenis tanaman, entah tanaman biasa atau tanaman hias yang indah. Dilarang untuk mengambilnya sembarangan, ya!

2. Dilarang melempar batu ke Kawah Gunung Bromo

Kawah Bromo – Wisata Pulau Jawa

Kawah gunung Bromo, merupakan lokasi yang disakralkan oleh masyarakat sekitar dan pengelola. Oleh karena itu, kamu tidak boleh sembarangan melempar batu ke kawahnya karena hal ini dianggap tidak sopan.

Baca Juga : Legenda Gunung Bromo dan Suku Tengger

Untuk itu, wisatawan biasa diminta untuk mengambil jarak minimal 1 kilometer dari area kawah, agar tetap aman selama berwisata.

3. Dilarang menjejakkan kaki ke Pura Luhur Ponten bagi wanita yang sedang datang bulan

Pura Luhur Poten – Pegipegi.com

Di area Gunung Bromo, terdapat pura yang indah bernama Pura Luhur Poten. Pura ini dianggap sebagai istanya para dewa. Pura ini masih aktif menjadi lokasi pemujaan suku Tengger di sana. Keestetikan bangunan Pura juga biasa menjadi objek foto yang indah bagi wisatawan.

Sayangnya, bagi wanita yang sedang menstruasi dilarang keras untuk masuk area Pura, untuk menjauhi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, wisatawan juga wajib berpakaian pantas, jika ingin menengok ke dalam Pura Luhur Poten ini.

4. Dilarang kencing menghadap Gunung Bromo 

Bromo – alaMasEdy.com

Pada awal September 2022 ini, beredar unggahan yang menunjukkan seorang wisatawan mancanegara yang nekat kencing di kawah Gunung Bromo. Video ini sontak mendapat kecaman dari banyak pihak, karena dianggap telah melanggar adat istiadat suku Tengger.

Baca Juga : Ke Bromo Naik Jeep VS Naik Motor

Untuk diingat, wisatawan dilarang buang air kecil menghadap gunung, ya! Tindakan ini dianggap melecehkan kesakralan gunung ini sendiri. Jangan coba-coba, deh!

5. Dilarang keras berkata kotor dan berperilaku tidak pantas 

Bromo – PikiranRakyat.com

Pastikan kamu datang ke tempat wisata dengan niat yang benar, ya! Selanjutnya, kamu juga harus selalu menjaga lisan dan perilaku selama mendaki dan berwisata. Menghormati masyarakat dan wilayah setempat wajib hukumnya, nih!

6. Dilarang melangkahi pawon

Arca Ganesha – Tribun Travel

Saat berada di kawasan gunung, kamu akan melihat beberapa pawon di sana. Pawon adalah perkakas yang biasa digunakan masyarakat suku Tengger untuk memasak. Alat-alat ini rupanya tidak boleh sembarang dilangkahi oleh wisatawan, entah sengaja maupun tidak disengaja. Tetap hati-hati, ya!

7. Dilarang melukai satwa

Kuda Bromo – n-journal.com

Larangan terakhir yang wajib untuk kamu ingat adalah dilarang melukai satwa. Di kawasan Gunung Bromo masih banyak ditemui satwa-satwa liar yang berkembang biak dan hidup dengan bebas. Oleh karena itu, seluruh wisatawan dilarang melukai satwa yang ada, untuk menjaga kelestarian lingkungan dan melindungi satwa dari kepunahan.

Itulah 7 larangan di Gunung Bromo yang harus kamu ketahui. Pastikan kamu patuh, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, ya!


Sumber : idntimes.com | By : Egydia Artamevia

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

10 Destinasi Menarik di Kota Wisata Batu

13 March 2023 99x Malang, Tips, Wisata Malang

Kota Wisata Batu adalah sebuah kota di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak di ketinggian 800-1200 meter di atas permukaan laut, sehingga memiliki udara yang sejuk dan segar sepanjang tahun. selengkapnya

6 Fakta Menarik Suku Tengger di Bromo

13 June 2023 96x Bromo, Budaya, Malang

Setiap daerah di Indonesia memiliki suku dan budaya dengan keunikannya masing-masing. Di wilayah Jawa Timur terdapat berbagai macam suku, salah satunya yaitu suku Tengger. selengkapnya

5 Misteri Alas Lali Jiwo di Gunung Arjuno

20 March 2023 178x Intermezzo, Malang, Wisata Malang

Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. selengkapnya

Plankton Tour

Office

 Kompleks Ruko Wow Blok New York 2 Kav 19, Sawojajar, Malang

  Senin – Sabtu  09:00 – 16:00

0341-3029785

    Email Plankton

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.