Hotline 0341-3029785
Konsultasi sekarang
Header
Home » Banyuwangi » Jam Buka Pendakian Kawah Ijen Kembali Normal

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, kembali membuka jam operasional pendakian lebih awal.

Keputusan ini menyebabkan lonjakan kunjungan wisatawan yang ingin menyaksikan Blue Fire di kawah Ijen hingga tiga kali lipat.

Sejak diluncurkan tiga hari yang lalu, jam operasional pendakian TWA Kawah Ijen diatur mulai pukul 02.00 hingga 12.00 WIB. Kebijakan ini diberlakukan sejak Sabtu, 12 Agustus 2023. Dalam tiga hari tersebut, jumlah pengunjung Gunung Ijen telah mencapai lebih dari 1000 orang.

Pos Paltuding – Blog Punya Jule

Kepala Pos TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo, menjelaskan bahwa sejak jam operasional TWA Kawah Ijen dimulai pada pukul 02.00 WIB, terutama pada akhir pekan, jumlah pengunjung bisa melampaui 1000 orang. Namun, pada hari kerja, jumlah pengunjung biasanya berkisar antara 300 hingga 500 orang.

“Sebenarnya, bulan Juli merupakan musim tinggi kunjungan turis asing. Namun, pada bulan tersebut, pendakian untuk melihat Blue Fire belum dibuka. Mungkin musim tinggi sudah berlalu atau mundur,” kata Sigit pada Senin (14/8/2023).

Baca Juga : Alas Purwo Banyuwangi, Sejarah dan Mitos yang ada

Keputusan untuk kembali mengatur jam normal pendakian TWA Kawah Ijen diambil setelah Surat Edaran dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur dikeluarkan. Surat tersebut, bernomor SE.247/K.2/BIDTEK.1/KSA/8/2023 dan diterbitkan pada Rabu, 9 Agustus 2023, memuat lima poin kebijakan baru terkait pendakian.

Gerobak Pendakian Ijen – Kompas.id

Salah satu poin penting adalah perubahan jam operasional pendakian menjadi pukul 02.00 hingga 12.00 WIB, yang sebelumnya dimulai pukul 04.00 WIB. Keputusan ini memungkinkan pengunjung dapat kembali menikmati fenomena langka yang hanya ada di dua tempat di dunia, yaitu Blue Fire.

Penurunan Level Status Vulkanik

Kebijakan ini diambil setelah Gunung Ijen mengalami perubahan status dari Level II (waspada) menjadi Level I (Normal). Meskipun begitu, Sigit mengingatkan para pendaki dan pengunjung TWA Kawah Ijen untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku.

Penambang Belerang – Kompas.id

Mereka diminta untuk menjaga keselamatan dengan tidak mendekati dapur atau dasar kawah. Selain itu, membawa barang yang berpotensi membahayakan pengunjung lain juga dilarang.

Baca Juga : 5 Trik Foto Estetik saat Liburan

“Dalam radius 500 meter, pengunjung tidak diperbolehkan mendekat ke pengendalian Sufatara. Oleh karena itu, wisata Blue Fire dapat dilihat dari jarak 500 meter,” tegas Sigit.

Selama musim kemarau, Sigit menyarankan agar pengunjung tidak menyalakan api. Jika diperlukan, api harus dipadamkan sepenuhnya sebelum pendakian. “Yang terpenting, mari jaga kawasan konservasi ini. Gunakan masker sesuai standar keamanan dan hindari pembuangan sampah sembarangan,” ujar Sigit.


Sumber : Times Indonesia | Publisher : Ahmad Rizki Mubarok | Editor : Imadudin Muhammad

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

5 Tempat Wisata di Taman Nasional Baluran

30 November 2023 137x Banyuwangi, Objek Wisata

Taman Nasional Baluran tak hanya terkenal berkat kemiripannya dengan sabana di Afrika sehingga dijuluki Africa van Java, tapi juga pantai, mangrove, dan hutan yang ada. Di Taman Nasional Baluran ada beberapa titik spot foto. Ini yang wajib untuk dikunjungi tapi juga mudah untuk mengaksesnya. selengkapnya

Pasir Timbul Mansuar, Serasa Pulau Pribadi di Raja Ampat

2 May 2024 28x Objek Wisata, Wisata Alam

Raja Ampat – Pasir Timbul atau Pasir Mansuar Terangkat di Pulau Manswar, Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya, menjadi destinasi wisata favorit. Tidak hanya bagi wisatawan domestik, melainkan juga menjadi favorit wisatawan mancanegara. Pasir Timbul Manswar termasuk dalam satu dari 29 geosite geopark di Raja Ampat yang tergolong d... selengkapnya

Ternyata Ini Alasan Cokelat Identik dengan Valentine

13 February 2023 78x Intermezzo

Hari Valentine dirayakan pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Umumnya orang akan memberikan kado kepada orang tersayangnya di hari tersebut. Tak hanya pasangan, banyak pula yang memberikan kado Valentine ke orangtua dan kerabat. Selain bunga, kado Valentine identik dengan cokelat. Cokelat nampaknya masih menjadi Kado Valentine favorit yang diberikan ora... selengkapnya

Plankton Tour

Office

 Kompleks Ruko Wow Blok New York 2 Kav 19, Sawojajar, Malang

  Senin – Sabtu  09:00 – 16:00

0341-3029785

    Email Plankton

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.