Hotline 0341-3029785
Konsultasi sekarang
Header
Home » Intermezzo » 5 Tips Foto saat Liburan, Cuma Pakai HP
Foto Pakai HP - bangrozak.com

Foto Pakai HP – bangrozak.com

Mengetahui tips foto traveling dengan HP atau ponsel akan memudahkan kita mendapatkan gambar terbaik selama perjalanan.

Sepanjang perjalanan, biasanya kita menemukan banyak obyek menarik, baik manusia, hewan, atau pemandangan sekitar, yang tentunya sayang jika tidak didokumentasikan.

Meski terdengar mudah, namun ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar hasil gambar maksimal.

Berikut beberapa tips memotret bagi pemula agar hasilnya lebih maksimal :

Tips Foto Bagi Pemula

1. Paham Tujuan Memotret

Pertama, seseorang harus memahami tujuannya untuk memotret. Apakah untuk tujuan dokumentasi pribadi, dipamerkan di media sosial, untuk memberi informasi, atau tujuan lainnya.

Tahu tujuannya apa, apa hanya untuk selfie, pamer di media sosial, atau memang untuk menginformasikan, mengenalkan suatu daerah ke khalayak ramai.

Baca Juga : 5 Destinasi Wisata Paling Horor di Indonesia

Dengan memahami tujuan dan hasil akhir yang ingin dicapai, seseorang akan lebih berhati-hati dan menyesuaikan gambar yang diambilnya.

2. Memanfaatkan Peralatan yang Dimiliki

Peralatan Foto - Jakarta School of Photography

Peralatan Foto – Jakarta School of Photography

Tidak semua hasil gambar yang bagus harus menggunakan alat yang canggih atau mahal. Peralatan yang dimiliki sebenarnya bisa diatur sedemikian rupa dan dimaksimalkan agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Peralatan yang kita punya ya sudah kita explore, manfaatkan itu, sesuaikan tergantung dengan kebutuhan kita.

Bahkan seringkali lebih senang memakai ponsel dibandingkan kamera. Alasannya, ponsel relatif lebih cepat dan praktis sehingga momen tidak mudah hilang.

Kalau pakai kamera kan harus atur segala macam, misalnya ISO sekian, momennya bisa cepat hilang. Tapi kalau pakai HP kan tinggal cekrek.

3. Tahu Waktu dan Tempat yang Tepat untuk Ambil Foto

USS Feed

USS Feed

Tips selanjutnya, seseorang harus tahu kapan waktu dan tepat untuk memotret suatu obyek. Misalnya, untuk lanskap alam, biasanya cocok diambil saat pagi dan sore hari.

Waktu yang tepat pagi hari atau sore menjelang matahari terbenam. Jadi sebelum matahari terbit itu langit indah banget, cocok buat fotografer mau memotret alam.

Lalu untuk obyek tertentu, penting untuk dipertimbangkan terkait sudut pengambilan gambar. Misalnya relief Candi Borobudur, akan sangat bagus diambil dari atas atau menggunakan drone.

Baca Juga : 5 Aktivitas Seru untuk Menikmati Pesona Lombok

Bisa juga saat sebelum matahari terbit, gambar diambil dari bukit yang jauh menggunakan kamera lensa tele. Sehingga akan terlihat bayangan candi yang sangat indah dengan suasana pagi.

4. Pelajari Teknik Dasar Kamera

Berikutnya, seseorang juga harus belajar memahami teknik dasar pengambilan gambar yang baik. Mulai dari fokus ke obyek, komposisi, hingga arah cahaya.

Ada fokus obyek. Kita bisa fokus sama obyek, menonjolkan yang tengah satu orang aja. Fokusnya ada di mana, harus diperhatikan.

Ilmu seputar ini sudah banyak tersedia di internet seperti Youtube, TikTok, atau Instagram. Kamu tinggal rajin mencari, mempelajari, dan mempraktikkannya.

5. Banyak Berlatih Foto

Fotografi - Shaniba Creative Industry

Fotografi – Shaniba Creative Industry

Terakhir, hal terpenting adalah banyak berlatih dan mengeksplorasi. Ilmu yang sudah dipelajari tentu tidak akan berguna jika kurang praktik.

Kamu bisa menerapkan atau mencontoh ilmu fotografi dari kelas, kursus, atau ilmu dari internet. Kemudian, praktekkan dan ulang terus sampai mendapat hasil yang diinginkan.


Sumber : Kompas | Faqihah Muharroroh Itsnaini, Nabila Tashandra
Tags: , ,

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Wisata Gili Labak Madura : Harga Tiket dan Fasilitas

1 February 2024 115x Objek Wisata, Wisata Alam

Madura – Gili Labak adalah nama pulau kecil di tenggara pulau Madura. Bukan hanya satai nikmat khas Madura yang bisa Anda nikmati, tetapi pulau Madura ini memiliki surga dunia yang patut dijadikan itinerary. selengkapnya

5 Rekomendasi Bakso di Malang Paling Mantap

1 March 2023 152x Intermezzo, Kuliner, Malang, Tips, Wisata Malang

Malang tak hanya terkenal dengan sebutan kota apel dan kota wisatanya, wilayah dataran tinggi ini juga dikenal dengan kulinernya yang beragam. Salah satunya bakso. selengkapnya

Menikmati Kopi di Ketinggain 1277 Mdpl – Kebon Kupi Sembalun

17 February 2023 253x Intermezzo, Wisata Alam

Kebon Kupi Sembalun memberikan pengalaman menikmati Kopi Sembalun yang berbeda dan hanya bisa dirasakan langsung dari tempatnya. Kedai kopi di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, ini menawarkan pengalaman minum kopi di ketinggian 1.227 mdpl (meter dia atas permukaan laut). Berada di ketinggian, kedai kopi ini mengusung konsep outdoor yan... selengkapnya

Plankton Tour

Office

 Kompleks Ruko Wow Blok New York 2 Kav 19, Sawojajar, Malang

  Senin – Sabtu  09:00 – 16:00

0341-3029785

    Email Plankton

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.