Hotline 0341-3029785
Konsultasi sekarang
Header
Home » Banyuwangi » 5 Tempat Wisata di Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran - Bambang Hartoyo

Taman Nasional Baluran – Bambang Hartoyo

Taman Nasional Baluran tak hanya terkenal berkat kemiripannya dengan sabana di Afrika sehingga dijuluki Africa van Java, tapi juga pantai, mangrove, dan hutan yang ada.

Di Taman Nasional Baluran ada beberapa titik spot foto. Ini yang wajib untuk dikunjungi tapi juga mudah untuk mengaksesnya.

Taman Nasional Baluran beralamat di Jalan Raya Banyuwangi-Situbondo Km. 35 Wonorejo, Banyuputih-Situbondo, Jawa Timur. Untuk memasuki tempat ini, wisatawan nusantara akan dikenakan tarif masuk seharga Rp mulai 16.000 saat hari kerja dan mulai Rp 18.500 saat hari libur.

Adapun tarif retribusi untuk kendaraan mulai Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 50.000 untuk kendaraan roda enam.

Tempat Wisata di Taman Nasional Baluran

Penasaran ingin tahu apa saja tempat wisata yang ada di Taman Nasional Baluran? Berikut beberapa yang patut dikunjungi.

1.Goa Jepang Taman Nasional Baluran

Goa Jepang Baluran - Amjad Ahmad

Goa Jepang Baluran – Amjad Ahmad

Spot pertama, tidak jauh dari Kantor Balai Taman Nasional Baluran, kata Elok, terdapat wisata buatan yang dibangun pada masa kependudukan Jepang di Indonesia.

Ada Goa Jepang yang ukurannya 12 meter persegi. Dulunya saat waktu penjajahan Jepang sebagai tempat pertahanan dan gudang persenjataan amunisi.

2. Hutan Musim

Hutan Musim Baluran - Olah Rasa

Hutan Musim Baluran – Olah Rasa

Selanjutnya ada Hutan Musim, salah satu jenis hutan yang ada di Taman Nasional Baluran.

Hutan musim ini sesuai musimnya. Jadi ketika musim kemarau, semua tumbuhan yang di sana kaya pohon juga tumput dan semak-semaknya akan menguning dan berguguran daunnya.

Baca Juga : Sunrise di Pantai Boom Banyuwangi dan Mewahnya Jembatan Causeway

Sebaliknya, saat musim penghujan hutan tersebut akan hijau kembali. Maka dari itu, pengunjung bisa menyesuaikan waktu kunjungan untuk menikmati pemandangan Hutan Musim yang unik saat kemarau atau segar saat musim hujan.

3. Hutan Evergreen Baluran

Hutan di Baluran - EIGER Adventure

Hutan di Baluran – EIGER Adventure

Kemudian, di km 9 terdapat Hutan Evergreen, yang bagus untuk pemotretan atau swafoto. Disebut “evergreen” karena hutannya memang hijau sepanjang tahun.

Hutan Evergeen itu hutan yang hijau sepanjang tahun. Karena di bawah situ ada aliran sungai bawah tanahnya.

Baca Juga : Alas Purwo Banyuwangi : Sejarah dan Mitos yang Ada

Berbeda dengan Hutan Musim, Hutan Evergreen memiliki pohon-pohon yang lebih rapat karena saat musim musim kemarau tidak mati. Pepohonan yang ada akan hijau dan selalu tumbuh.

Hutan Evergreen layaknya gua hijau karena lebih rimbun. Jalanannya yang lurus juga terlihat indah untuk pemotretan.

4. Savana Bekol Baluran

Savana Bekol - Irfan Prayoga

Savana Bekol – Irfan Prayoga

Melanjutkan perjalanan, wisatawan akan tiba di padang Savana Bekol. Savana Bekol merupakan padang sabana yang terluas di taman nasional yang ada di Indonesia, sekitar 10.000 hektar.

Sejumlah hewan bisa ditemukan sedang beristirahat, makan, atau berjalan-jalan di padang rumput ini. Mulai dari rusa, banteng, kerbau, monyet, merak, hingga ular.

Saking luasnya Savana Bekol, wisatawan bisa berhenti di beberapa titik dan berpindah menggunakan mobil. Pertama, ada spot Menara Padang untuk melihat keseluruhan padang sabana dari atas.

Fosil Kepala banteng - Fajar Wisnu S

Fosil Kepala banteng – Fajar Wisnu S

Spot foto berikutnya, ia melanjutkan, adalah fosil kepala banteng. Menurutnya, fosil kepala banteng merupakan salah satu icon Taman Nasional Baluran karena dulunya populasi banteng di area tersebut sangat banyak.

Fosil ini benar-benar dari kepala banteng, bukan dari bahan apa yang dibuat serupa. Ini asli, kepala bantengnya mati di hutan, lalu kepalanya ditaruh di sana.

Berjejer jadi bagus untuk berfoto. Belum lengkap kayanya kalau belum berfoto di kepala banteng itu di Baluran

Gunung Baluran dan Sabana - Dennizal Andriansyah

Gunung Baluran dan Sabana – Dennizal Andriansyah

Kemudian, ada juga spot foto padang Savana Bekol di tengah, dengan latar belakang gunung Baluran dan sabana Jika wisatawan datang saat musim hujan, reremputan di Savana Bekol akan terlihat hijau menyegarkan, sedangkan saat musim kemarau, rumput-rumput menjadi kering dan coklat, sehingga seperti di Afrika.

5. Pantai Bama

Pantai Bama - merahputih.com

Pantai Bama – merahputih.com

Di bagian ujung dari Taman Nasional Baluran, banyak wisatawan berkunjung ke wilayah pantai, salah satunya Pantai Bama.

Di Taman Nasional Baluran ini satu pantai yang mudah dikunjungi itu namanya Pantai Bama. Pantai Bama dengan pasir putihnya bagus untuk pemotretan.

Pada pantai ini juga wisatawan bisa mengakses mangrove trail. Terdapat jembatan yang menjurus ke laut, dengan di kanan-kirinya berdiri pohon mangrove atau bakau.

Adapun di ujungnya terdapat dermaga yang bisa menjadi spot foto. Di pantai ini, sudah tersedia rumah makan, toilet, mushala, dan penginapan dengan pemandangan pantai yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

 

Jika kamu ingin liburan ke Baluran, yuk chat Tour Operator planktontour.id disini

WA Kami

Atau kamu bisa cek paketnya disini..


Sumber : Kompas | Tim Redaksi : Faqihah Muharroroh Itsnaini, Ni Nyoman Widyanti

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Jam Buka Pendakian Kawah Ijen Kembali Normal

18 August 2023 139x Banyuwangi, Objek Wisata

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, kembali membuka jam operasional pendakian lebih awal. selengkapnya

Misteri Noni Belanda di Lawang Sewu

12 June 2023 183x Horror, Objek Wisata

  Kisah mistis di Lawang Sewu merupakan salah satu kisah horor yang banyak didengar dan terkenal. Tak hanya di wilayah Semarang saja, namun juga sudah terkenal seantero Nusantara. Lawang Sewu diketahui salah satu bangunan angker peninggalan Belanda yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Banyak cerita tentang hantu yang ada di bangunan kuno ini menjadi... selengkapnya

Pesona Kampung Heritage Kayutangan, Malang Rasa Jogja

9 February 2023 139x Malang, Wisata Malang

Siapa nih yang suka liburan ke Jogja? Tentunya banyak warga Malang yang tak asing lagi dengan suasana Jogja yang selalu bikin rindu. Kini tidak perlu khawatir dan tak perlu jauh-jauh untuk menikmati suasana Jogja karena Kayutangan Malang sudah menyajikannya untuk kamu. Berlokasi di sepanjang jalan Kayutangan atau tepatnya di Jl. Jenderal Basuki Rahmat, Kauma... selengkapnya

Plankton Tour

Office

 Kompleks Ruko Wow Blok New York 2 Kav 19, Sawojajar, Malang

  Senin – Sabtu  09:00 – 16:00

0341-3029785

    Email Plankton

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.